Jumat, 16 Oktober 2015

CONTOH LAPORAN AHLI K3 KIMIA (AK3 KIMIA)

Menjalani profesi sebagai Ahli K3 baik ahli K3 spesialis ataupun Ahli K3 umum memerlukan mental yang sangat kuat. kita harus mampu merubah perilaku manusia (pesikologi), kita harus mengetahui ilmu engineering, perlu juga tahu ilmu tentang kesehatan dan banyak lagi disiplin ilmu yang harus kita ketahui. Dalam pekerjaan sehari-hari sering mendapat pertanyaan "Kamu kerjanya apaan sih kok cuma jalan-jalan + negor orang...?". kita kadang bingung mau menjawab apa...?. Kerja Ahli K3 adalah membuat sistem dan menerapkan system, pekerjaan ini tidak lah mudah. Seorang Ahli K3 harus mampu memberikan arahan agar semua orang selamat dalam melakukan pekerjaannya.


Kedudukan ahli K3 di dalam bidang K3 di ibaratkan sebagai GPS dan karyawan lainnya di ibaratkan sopir, GPS haruslah mampu memberikan arahan-arahan yang benar agar si Sopir tidak tersesat atau bahkan celaka. GPS harus dapat menerima dan memberikan informasi kepada satelit pemantau agar perjalanan si Sopir tetap dalam track yang telah di tentukan. Satelit ini di ibaratkan sebagai pemerintah seorang Ahli K3 mau tidak mau harus selalu update terkait informasi-informasi K3 dari pemerintah dan juga wajib memberikan informasi-informasi K3 kepada pemerintah dalam bentuk laporan sebagaimana diwajibkan dalam peraturan perundangan.

Nah untuk memberikan laporan tersebut kadang kita bingung mengenai formatnya kita cari-cari di internet tidak ada, kita tanyakan kepada DISNAKER setempat juga kebingungan, akhirnya masing-masing perusahaan mempunyai versi  laporan yang berbeda-beda. Nah untuk menghindari kebingungan tersebut kali ini saya mencoba untuk sharing contoh format laporan Ahli K3 Kimia (AK3 Kimia) yang mana laporan ini akan dibutuhkan saat proses perpanjangan surat penunjukan Ahli K3 Kimia yang anda miliki.

Contoh Format laporan AK3 Kimia
Contoh format laporan AK3 Kimia halaman 1 / kerja-safety.blogspot.com

Contoh Format laporan AK3 Kimia
Contoh format laporan AK3 Kimia halaman 2 / kerja-safety.blogspot.com

Contoh Format laporan AK3 Kimia
Contoh format laporan AK3 Kimia halaman 3/ kerja-safety.blogspot.com

Mohon maaf filenya dalam bentuk JPG (saya foto pakai HP..ck...ck..ck)...selanjutnya anda ketik sendiri, oh iya laporan AK3 kimia rutin 3 bulanan (biasanya bersamaan dengan laporan P2K3, AK3 umum, Kesehatan), saya hanya melaporkan kuantitas bahan kimia saja dan formnya mengacu pada lampiran II, KEP.187/MEN/1999

"Salam Safety Untuk Anda dan Keluarga Anda Dirumah"

1 komentar :